Universitas Kahuripan merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Canda Bhirawa Kediri yang didirikan dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 9/D/O/1999 dengan Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Setelah STIE Canda Bhirawa meluluskan mahasiswa menjadi sarjana sebanyak lima kali sejak didirikan dan dengan Akreditasi B untuk program studi Manajemen, maka diusulkan untuk perubahan bentuk menjadi Universitas.

Selanjutnya berkaitan dengan Universitas Kahuripan Kediri, maka Yayasan Pendidikan Koperasi Kediri (YPKK) mengusulkan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mengubah bentuk menjadi Universitas.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 432/E/O/2014 tertanggal 02 Oktober 2014, Universitas Kahuripan Kediri telah memperoleh ijin perubahan bentuk menjadi Universitas dengan Program Studi sebagai berikut:

1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
2. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
3. Manajemen
4. Akuntansi
5. Teknik Informatika
6. Teknik Elektro
7. Teknik Sipil
8. Agroteknologi
9. Agribisnis
10. Peternakan

Program-program studi tersebut membuka kesempatan di berbagai sektor untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam hal pengembangan kualitas sumber daya manusia.