Visi

Terwujudnya Tri Darma program studi yang mampu menghasilkan sarjana Pendidikan yang unggul dan handal dalam membangun kompetensi warga negara yang baik (good citizen), memiliki literasi moral, politik, hukum, dan berwawasan global dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945.
• Literasi moral disini merupakan kemampuan dasar individu berupa tingkah laku, perbuatan, sikap atau karakter yang didasarkan pada ajaran, nilai, prinsip, atau norma
• Literasi politik disini merupakan pengetahuan dan pemahaman dasar individu tentang proses politik dan isu-isu politik, suatu pengetahuan dan pemahaman yang memungkinkan setiap warga negara dapat secara efektif melaksanakan perannya (berperan serta, partisipasi) sebagai warga negara dalam kehidupan demokrasi
• Literasi hukum disini merupakan kemampuan individu terkait kesadaran hukum yang meliputi pengetahuan huku, pemahaman hukum, sikap serta perilaku berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia
• Wawasan global disini merupakan kemampuan warga negara yang memiliki pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), kecakapan kewarganegaraan (civic skills), watak-watak kewarganegaraan (civic dispositions) secara global
• Unggul : mengacu capaian mutu tridharma
• Handal : kehandalan resource/SDM prodi

Misi

  1.  Menyelenggarakan pendidikan program studi yang humanis, demokratis, inovatif dan berbasis perkembangan IPTEK
    • Humanis disini merupakan proses pendidikan yang lebih memperhatikan dari aspek potensi individu sebagai makhluk berketuhanan dan berkemanusiaan yang diberi kesempatan untuk mengembangkan potensinya. Jadi humanis disini merupakan sebuah pembelajaran yang mendudukkan atau memandang peserta didik sebagai manusia yang memiliki kemampuan dan potensi secara fitrah. Dengan modal kemampuan dan potensi secara fitrah tersebut, peserta didik punya tanggung jawab sepenuhnya atas hasil belajarnya
    • Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan
    kesempatan pada individu untuk membangun pengetahuan itu sendiri atau
    secara mandiri. Inovatif disini merupakan strategi pembelajaran yang menekankan
    kepada penyampaian materi pembelajaran kepada mahasiswa, yang berupa ekspositori, inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, peningkatan kemampuan berpikir, pembelajaran koperatif, pembelajaran kontekstual, pembelajaran afektif, dan pendekatan ilmiah
    • Demokatis disini merupakan pendidikan yang menempatkan mahasiswa sebagai individu yang unik berbeda satu sama lain dan mempunyai potensi yang perlu diwujudkan dan dikembangkan semaksimal mungkin. Potensi tersebut meliputi meningkatkan pemikiran kritis, pemikiran alternatif, penjaminan kebebasan berpikir dan bertanggung jawab atas alternatif yang dipilih. Dengan demikian pendidikan yang demokratis memberikan pelayanan berbeda kepada mahasiswa sebagai sasaran pendidikan sesuai dengan karakteristik masing-masing