PERAN PENTING SPORTS MASSAGE DALAM MENGATASI CEDERA OLAHRAGA

Sport massage merupakan pijat yang biasa dilakukan sebelum, saat dan usai berolahraga. Pijat khusus olahraga ini sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang memiliki aktivitas fisik tinggi. Sport massage bertujuan untuk merenggangkan otot, mencegah cedera, dan mempercepat waktu pemulihan. Cedera otot pada bagian kaki dan tangan sering kali terjadi setelah berlari, berenang, bersepeda serta beragam jenis olahraga lainnya. Mengatasi sakit terhadap urat ataupun otot yang bergeser tidak dapat ditanganis ecara sembarangan.

Keluhan yang paling sering dialami pasca berolahraga adalah terjadinya cedera serta ketegangan otot kaki. Sport massage sendiri bekerja efektif dalam mengembalikan posisi semula agar kembali rileks dan mempercepat proses penyembuhan. Biasanya yang terjadi setelah melakukan aktivitas olahraga yaitu irama jantung dan pernapasan menjadi tidak stabil, karena terjadi kelelahan. Sport massage membantu mendorong aliran darah masuk kembali kedalam pembuluh vena, sehingga terjadi pergantian oksigen dalam tubuh dan mengembalikan detak jantung sepertis emula.

Saraf otot yang tegang tidak dapat dipaksakan untuk berolahraga, karena akan membuat cedera tersebut menjadi kian parah. Sport massage tidak hanya membantu melemaskan otot yang tegang, tetapi juga dapat membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Sport massage akan membuat seseorang merasakan menjadi lebih tenang dan memiliki pikiran positif. Selama proses pemijatan seseorang akan merasa rileks.

Sport massage juga bermanfaat untuk mengurangi stress pada seseorang.  Selama proses pemijatan tubuh akan mengeluarkan hormone endorphin yang membuat seseorang menjadi lebih rileks dan senang, sehingga proses penyembuhan pada bagian tubuh yang cedera pun akan jauh lebihcepat.

Oleh: Garnika Ade Sinto Raya, M.Pd