PENTINGNYA SPORT SCIENCE DALAM PRNGEMBANGAN OLAHRAGA DI INDONESIA

Olahraga merupakan suatu yang tidak terpisahkan dan suatu fenomena yang memiliki dampak besar bagi masyarakat, karena melalui olahraga mampu menciptakan character building. Dari situlah, maka dapat dijadikan sebagai jembatan untuk membangun self confidence, identitas bangsa atau daerah serta menjadikan kebanggan Nasional. Salah satu wujudnya, berupa prestasi olahraga.

            Pada dasarnya prestasi olahraga membawa dampak besar bagi suatu daerah merupakan suatu prestise, sehingga dihargai oleh daerah lain, pengakuan politik, sampai pada bidang ekonomi. Seperti yang dikemukaan Menpora Amali, “Sport science menjadi pemandu utama pengembangan prestasi, yaitu melalui pemanfaatan yang baik dalam big data dan data analistics, karena banyak atlet yang bertalenta dipenjuru negeri yang tidak memiliki kelengkapan data”. Pengembangan konsep sport science diprakarsai oleh Prof. Dr. Herbert Haag, M.S. dari Jerman. Sport science itu sendiri merupakan perpaduan dari beberapa disiplin ilmu pengetahuan yang saling berhubungan dan komprehensif dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi atlet dan membantu dalam proses pelatihan bagi para pelatih.

            Peningkatan prestai pada dunia olahraga tidak hanya terbatas pada kemampuan seseorang pelatih yang sebelumnya memiliki riwayat pengalaman ketika menjadi seorang atlet. Sekarang ini, sebagai seorang pelatih harus mengembangkan diri untuk meningkatkan kualitas kemampuannya seperti penataran pelatih berlisensi agar mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang dapat di aplikasikan kepada atletnya. Olahraga Indonesia membutuhkan ilmu pengetahuan baru yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi atletnya.

            Pengembangan informasi teknologi harus diikuti para pelatih dan atlet-atlet Indonesia, karena dapat memudahkan pelatih dalam proses pembinaan atletnya. Selain itu, bukan hanya pengembangan pada pusat latihan saja melainkan juga pengembangan manajemen olahraga. Negara lain terutama Eropa sudah satu tingkat ke depan menjalankan penerapan sport science dalam pembinaan olahraga prestasi dan berkembang pesat menjadi suatu industri olahraga yang dikemas dalam bentuk perusahaan karena memiliki manajemen yang baik, dan tidak heran bidang olahraga merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan dengan nilai keuangan menggiurkan.

Oleh: Arif Kustoro, S.Or., M.Pd