Leadership Pendidik dalam Krisis Pandemi Covid-19, Guna Menata Masa Depan Dunia Pendidikan Indonesia.

Entitas leadership guru sangat berkorelasi guna merespon krisis yang terjadi saat ini. Di saat proses berjuang melawan pandemi Covid-19, peran pentingnya bertambah untuk bersumbangsih dalam menyediakan pembelajaran berbasis daring jarak jauh, mengevaluasi serta mendukung kelompok rentan, proses dibukanya kembali sekolah dan memastikan evaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan kurikulum.

Agitasi lainya  proses kegiatan KBM yang berlangsung melalui (daring) untuk profesi guru dan tenaga kependidikan yaitu perkembangan teknologi atau “melék teknologi”.

Mendikbud berujar, kepemimpinan guru mencakup tata kelola serta efektivitas dan efisiensi pendidikan dalam kerangka sistem yang hierarkis sebagai rangkaian segitiga mikro/tingkat kelas, meso/tingkat sekolah, dan makro/tingkat masyarakat. Terlebih di masa pandemi, guru merupakan inovator yang memecahkan berbagai kendala pembelajaran.

Untuk mengatasi tantangan yang akan dihadapi, dibutuhkan strategi guna menyeimbangkan kebijakan terkait input dari sisi rekrutmen, faktor pendidikan guru serta pengembangan kontinuitas profesionalisme , tak lupa dan cukup berpengrauh yakni insentif, dukungan dan motivasi bagi guru.

Teruntuk rekan-rekan guru yang telah berjuang dan semangat untuk berbagi layak untuk diberi apresiasi. Harapannya agar bisa memberi “cambuk semangat” atau memotivasi guru-guru lainnya untuk menyinsingkan lengan baju saling merapatkan barisan guna berbagi praktik baik dalam pembelajaran dengan moda daring, moda luring maupun moda hibrid sekalipun.

Penulis : Ganes Tegar Derana, M.Pd
Jabatan : Dekan FKIP-Universitas Kahuripan Kediri